Soal Keluhan Guru, Jokowi: Dari Pusat Sampai Ke Daerah, Sederhanakan Ini!

No Comments
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegur para menterinya setelah menerima keluhan dari para guru soal urusan administrasi yang berbelit. 

Keluhan itu diterima Presiden Jokowi ketika Ia menghadiri HUT ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional 2017 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, 2 Desember 2017. 

"Saat Ulang Tahun Hari Guru Nasional kemarin, saya mendapatkan keluhan dari para guru. Para guru mengeluhkan mengenai rumitnya administrasi atau prosedur tunjangan, administrasi dan prosedur kenaikan pangkat, administrasi dan prosedur mengenai sertifikasi, administrasi dan prosedur mengenai impassing guru swasta. Beliau-beliau juga menyampaikan: Pak, kita ini jadi tidak konsentrasi urusan belajar mengajar tapi justru habis tenaga ngurusi administrasi dan prosedur yang tadi saya sampaikan."


Presiden Jokowi menambahkan bahwa hal tersebut (berbelitnya urusan administrasi) bukan hanya terjadi dalam urusan tentang guru, namun juga masih terjadi dalam hal-hal lain. Ia pun memerintahkan agar segera menyederhanakan urusan-urusan tersebut.

"Ini saya kira tidak hanya untuk urusan guru saja, tapi urusan-urusan yang lain kita masih terbelit dengan hal-hal yang seperti ini. Menghabiskan waktu, menghabiskan tenaga, menghabiskan pikiran, hanya ruwet muter-muter di urusan ini, yang sampai hari ini belum bisa kita potong. Oleh sebab itu, segera semuanya dari pusat sampai ke daerah, sederhanakan ini!"

Berkomentarlah dengan bijak. Semua orang tidak menyukai spam, termasuk saya.

back to top